Proses Pembentukan Urine Pada Manusia Berlangsung Melalui Tiga Tahap Utama

Limbah diekskresikan dari tubuh manusia terutama dalam bentuk urin. ginjal kita memainkan peran utama dalam proses ekskresi. urin manusia normal terutama terdiri dari 95 persen air dan 5 persen limbah padat. Urine terbentuk di bagian yang berbeda dari nefron yang merupakan unit struktural dan fungsional dari ginjal.

Proses Pembentukan Urine Pada Manusia 

Berlangsung Melalui Tiga Tahap Utama yaitu filtrasi glomerulus, reabsorpsi dan sekresi yang terlibat dalam pembentukan urin. filtrasi glomerulus seperti namanya terjadi di glomerulus dimana darah disaring. Proses ini terjadi di tiga endotelium layer-layer pembuluh darah glomerulus, epitel kapsul Bowman dan membran antara dua lapisan ini.

Darah disaring sedemikian rupa bahwa semua konstituen plasma kecuali protein mencapai kapsul Bowman. Oleh karena itu proses ini dikenal sebagai ultrafiltrasi. Sekitar 99 persen dari filtrat yang dihasilkan diserap oleh tubulus ginjal. Ini dikenal sebagai reabsorpsi. Hal ini dicapai dengan transportasi aktif atau pasif. Proses reabsorpsi air juga pasif. Langkah berikutnya dalam pembentukan urin adalah sekresi tubular. Dalam hal ini, sel-sel tubular mengeluarkan zat seperti ion hidrogen, kalium ion dll ke filtrat. Dengan proses ini, keseimbangan Proses Pembentukan Urine Pada Manusia Berlangsung Melalui Tiga Tahap Utama basa ionik dan asam dari cairan tubuh tetap terjaga.

Urine Pembentukan dan Osmoregulasi
Osmoregulasi adalah proses di mana komposisi darah diatur. Ini adalah pengaturan tekanan osmotik darah. Kami selalu diberitahu untuk minum banyak air. Hal ini membantu dalam berfungsinya ginjal kita. Contoh dari fungsi ini dari ginjal mungkin this- kita mengkonsumsi banyak air di musim panas masih kita buang air kecil kali lebih sedikit di musim panas daripada selama musim dingin dan ketebalan urin juga lebih. Alasan ini adalah bahwa kita kehilangan banyak air dari tubuh kita di musim panas dan ginjal kita menyerap lebih banyak air. Proses Pembentukan Urine Pada Manusia Berlangsung MelaluiTiga Tahap Utama