Proses Pembentukan Urine Pada Manusia

proses pembentukan urine pada manusia manusia adalah organ yang melakukan banyak fungsi vital tubuh. Yang paling penting dari ini adalah produksi urine. Ini melibatkan pemisahan dan penghapusan berbagai bahan limbah dari darah. Ada sepasang ginjal yang terletak di bawah tengah kembali pada setiap sisi tulang belakang.

Ginjal manusia terdiri dari tiga lapisan. Dalam rangka lokasi mereka dari luar ke dalam ini disebut korteks, medula, dan pelvis. Darah akan dimurnikan memasuki medula tersebut. Di medula dan korteks arteri darah yang membawa cabang darah ke arteri semakin kecil. arteri ini menyebabkan darah ke unit filtrasi darah kecil yang disebut nefron terletak di ujung masing-masing cabang dari arteri. Pada orang dewasa normal ada sekitar 2 juta nefron mampu menyaring sekitar 190 liter darah setiap hari.

Proses Pembentukan Urine

Sebuah nefron terdiri dari berbagai bagian termasuk bagian - jaringan pembuluh darah kecil, glomerulus, kapsul Bowman mengelilingi glomerulus, tubulus berbelit-belit, dan mengumpulkan tubulus. Pasukan tekanan banyak bagian cairan dari darah (plasma darah) melalui glomerulus dan ke dalam kapsul Bowman. Cairan yang dihasilkan disebut cairan tubular, yang berisi air dan bahan kimia terlarut, kemudian masuk ke proses pembentukan urine pada manusia dalam tubulus berbelit-belit. Darah yang tersisa di glomerulus mengalir ke pembuluh kecil yang disebut kapiler, yang mengelilingi tubulus berbelit-belit. Sebagai cairan tubulus mengalir melalui tubulus, zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh diserap oleh sel-sel dinding tubulus. Zat-zat ini bergabung kembali dengan darah dalam kapiler. Kapiler kembali darah ke jantung dengan cara vena ginjal.

proses pembentukan urine pada manusia Zat tidak diserap di tubulus adalah limbah yang dibutuhkan tubuh untuk menyingkirkan. Ini disekresikan ke dalam cairan tubular oleh sel-sel tubular ginjal. Berbagai zat, termasuk amonia, urea, asam urat, dan kelebihan air, membuat urin. urin melewati dari tubulus berbelit-belit dalam tubulus pengumpul yang lebih besar dan kemudian ke dalam panggul lapisan urin kidney.This mengumpulkan di dalam kandung kemih yang akan pingsan berkala.


Proses Pembentukan Urine Pada Manusia

ginjal mengikuti serangkaian langkah-langkah untuk melakukan itu. Pertama, arteri renal mengarahkan darah ke ginjal. Arteri renal terbagi menjadi cabang yang lebih kecil yang memiliki simpul kecil di akhir. Simpul ini pembuluh disebut glomerulus. Sekitarnya ada struktur piala, disebut kapsul Bowman. Ini adalah bagian dari nefron, proses pembentukan urine pada manusia yang kemudian mengikuti menjadi serangkaian tubulus berbelit-belit, lengkung Henle dan duktus pengumpul. Karena tekanan di glomerulus, plasma darah disebabkan bocor ke kapsula bowman.

Semua isi dalam plasma darah kecuali sel darah merah dan beberapa protein tetap (karena mereka terlalu besar untuk masuk melalui lubang-lubang kecil). Bahkan zat yang dibutuhkan seperti glukosa dan lain-lain juga masuk ke kapsul. Ini disebut ultrafiltrasi.

Di tubulus berbelit-belit pertama, vena renal menyerap glukosa dan kemudian banyak air, dan zat membutuhkan lainnya. Urea dan limbah nitrogen proses pembentukan urine pada manusia lainnya tidak diserap oleh pembuluh darah ginjal. Kemudian melewati lengkung Henle (struktur berbentuk U) ke dalam saluran pengumpul (di mana banyak air yang diserap). Isi di saluran mengumpulkan dikosongkan ke dalam pelvis ginjal dan melewati bawah melalui ureter ke dalam kandung kemih uriniary. Kemudian sebagai otot spincher rileks, urin melewati keluar. proses pembentukan urine pada manusia